Apa Hubungan Makanan dan Suasana Hati?

hubungan-antara-makanan-kesehatan-mental

 

Seperti kita ketahui pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan perubahan suasana hati, fluktuasi gula darah dan ketidakseimbangan nutrisi sering menjadi penyebabnya. Akibat tidak adanya suplai makanan yang teratur, pikiran dan tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Inilah bagaimana beberapa kebiasaan makan yang tidak sehat dapat mengubah suasana hati dan kesehatan emosional Anda:

Kebiasaan melewatkan waktu makan, terutama sarapan, dapat menyebabkan gula darah rendah, hal ini akan membuat Anda merasa lemah dan lesu. Jika Anda sedang diet, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri, karena nutrisi penting bagi tubuh bisa saja Anda lewatkan. Seperti seng, zat besi, vitamin B, magnesium, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan produktivitas, alhasil suasana hati Anda pun bisa berubah buruk

Kurangi Asupan Karbohidrat

Terlalu banyak karbohidrat olahan yang Anda konsumsi juga tidak sehat, seperti roti putih dan kue kering, menyebabkan gula darah naik dan turun dengan cepat, hal ini dapat menyebabkan Anda tidak berenergi dan lekas marah. Di luar masalah suasana hati dan faktor kesehatan, peran diet dan nutrisi pada kesehatan mental sangat kompleks dan belum sepenuhnya dipahami.

hubungan-makanan-dan-suasana-hati

Namun, penelitian yang menghubungkan keduanya berkembang pesat, dalam beberapa tahun terakhir, bukti menunjukkan bahwa makanan dapat berkontribusi pada pengembangan, pencegahan, dan pengelolaan kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan gangguan kecemasan.

Para peneliti juga melihat lebih dekat mengapa diet dapat mempengaruhi kesehatan mental, sebuah studi mengenai efek diet pada mikrobiota usus (organisme di saluran usus), neuroplastisitas (kemampuan otak untuk memodifikasi struktur, kabel dan fungsi), stres oksidatif (kerusakan sel) dan peradangan kronis.

Meskipun kita masih harus banyak belajar tentang efek pola makan pada masalah kesehatan mental, bukti menunjukkan bahwa makan makanan yang sehat dapat memiliki efek baik pada kesehatan. Faktanya, banyak orang percaya bahwa nutrisi yang baik sama pentingnya dengan kesehatan mental seperti halnya kesehatan fisik. Berikut adalah beberapa perubahan positif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pola makan Anda untuk mendukung kesehatan mental Anda:

  1. Makan pada interval yang ditentukan sepanjang hari
  2. Pilih lebih sedikit gula dan makan lebih banyak biji-bijian
  3. Sertakan protein setiap kali makan
  4. Makan makanan yang bervariasi
    Sertakan makanan kaya omega-3, seperti ikan dalam diet Anda
  5. Capai dan pertahankan berat badan yang sehat
  6. Minum banyak cairan, terutama air putih
  7. Berolahraga secara teratur

Mengikuti rencana makan yang sehat dapat membuat Anda tetap berenergi dan membantu Anda merasakan yang terbaik. Meskipun nutrisi yang baik merupakan komponen penting dari kesehatan emosional Anda, itu bukan pengganti perawatan dan pengobatan medis yang tepat. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mental Anda, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

You May Also Like